-->

RPP Marketing dan Kompetensi Dasar SMK/MAK Kelas X K13 Revisi 2017

RPP Marketing
Tujuan pendidikan di sekolah harus mampu mendukung kompetensi tamatan sekolah, yaitu pengetahuan, nilai, sikap, dan kemampuan untuk mendekatkan dirinya dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan kebutuhan daerah. Kegiatan pembelajaran pada dasarnya bukan semata-mata bertujuan untuk mentransfer ilmu dari guru kepada siswa. Inti dari kegiatan suatu sekolah adalah pada Proses Belajar Mengajar (PBM), dimana kualitas belajar siswa banyak ditentukan oleh keberhasilan pelaksanaan Proses Belajar Mengajar tersebut. 

Dan dalam kurikulum 2013 ada empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. 

Adapun Kompetensi Dasar mata pelajaran marketing kelas x sebagai berikut: 

3.1 Menganalisis pasar 

4.1 Menentukan pasar 

3.2 Menerapkan analisa pasar 

4.2 Melakukan analisa pasar 

3.3 Menganalisis segmentasi pasar 

4.3 Melakukan segmentasi pasar 

3.4 Menerapkan strategi bauran pemasaran (marketing mix) 

4.4 Melakukan bauran pemasaran (marketing mix) 

3.5 Menganalisis strategi segmentating, targeting dan potitioning produk 

4.5 Melakukan segmentating, targeting dan potitioning produk 

3.6 Menganalisis pengembangan produk 

4.6 Melakukan pengembangan produk 

3.7 menganalisis siklus daur hidup produk 

4.7 Menentukan daur hidup produk 

3.8 Menerapkan strategi pemasaran barang dan jasa 

4.8 Melakukan strategi pemasaran barang dan jasa 

3.9 Menerapkan strategi merek 

4.9 Membuat merek 

3.10 Menerapkanpromosi produk 

4.10 Melakukan promosi produk 

3.11 Menganalisis riset pasar dan informasi pemasaran 

4.11 Melakukan riset pasar dan informasi pasar. 

Dibawah ini penulis share RPP marketing sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013 revisi 2017 yang sudah terintegrasi PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Semoga bermanfaat!

1 Response to "RPP Marketing dan Kompetensi Dasar SMK/MAK Kelas X K13 Revisi 2017"

Iklan Atas Artikel