-->

RPP Tematik SD/MI Kelas III K-13 Revisi 2017

RPP SD

Ilmu matematika adalah ilmu dasar yang menunjang ilmu yang lain dalam pengaplikasiannya dan oleh karena itu pemahaman akan disiplin ilmu matematika dengan benar sejatinya akan berimplikasi terhadap kemampuan dalam mengakaji beberapa ilmu yang berkaitan dengan matematika.

Pembelajaran matematika di Sekolah Dasar adalah bekal awal anak dalam mengembangkan kemampuannya tentang pelajaran matematika. Seperti kita bisa pahami, usia sekolah dasar merupakan momentum bagi anak untuk belajar matematika karena pada usia sekolah dasar kemampuan anak dalam beberapa aspek sangat menonjol.

Adalah urgent disini menyoal tentang metode pembelajaran matematika yang bisa diimplementasikan. Penerapan metode pembelajaran matematikan yang digunakan oleh seorang guru akan mempengaruhi hasil yang hendak dicapai. Persoalannya, bukan metode pembelajaran mana yang paling, melainkan mana yang sesuai dengan situasi dan kondisi anak pada saat pembelajaran akan berlangsung. sebagai gambaran dibawah ini, penulis uraikan secara singkat beberapa model pembelajaran matematika yang bisa dipertimbangka, yakni:

1. Metode Ekspositori
Metode ekspositori sering disebut dengan metode ceramah, gurumenjelaskan dan menyampaikan in#ormasi, pesan atau konsep kepada siswa.avid P.$usubel berpendapat bahwa metode ekspositori yang baik adalah caramengajar yang paling e#ekti# daan efisien dalam menanamkan belajar bermakna.

2. Metode Penemuan
Metode penemuan mendorong siswa memahami sesuatu. Sesuatu tersebutdapat berupa #akta, atau relasi matematika yang masih baru bagi siswa,misalnya pola, sifat-sifat atau rumus tertentu. metode penemuan sering memakan waktu lama, karena kegiatan ini mengembangkan konsep maupun ketrampilan matematika dan kaitannya dengan pemecahan masalah maupun ketrampilan matematika dan kaitannya dengan pemecahan masalah.

3, Metode Laboratori
Metode laboratori merupakan metode mengajar yang orientasi kegiatannya didasarkan atas percobaan dan penyelidikan dengan objek-objek fisik. Siswa melakukan penyelidikan individual, berpasangan atau berkelompok dengan menggunakan benda-benda yang dapat dimanipulasi.

Metode pembelajaran tersebut terefleksi dalam RPP yang harus disusun oleh guru. Sebagai gambaran, dan kiranya bisa dijadikan sebagai bahan referensi, dibawah ini penulis muat contoh RPP tematik kelas III SD/MI berdasarkan Kurikulum 2013 revisi 2017 yang terintegrasi dengan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Semoga bermanfaat!

0 Response to "RPP Tematik SD/MI Kelas III K-13 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel