-->

RPP Basis Data SMK Kelas XI TP. 2018/2019 K-13 Revisi 2017

RPP Basis Data

Basis data adalah merupakan kumpulan data yang saling berhungan yang disimpan secara bersama, sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redundancy) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Ruang lingkup mata pelajaran ini menitik beratkan pada strategi perancangan dan pembuatan sistem basis data.


Topik materi yang dipelajari dalam mata pelajaran ini, di kelas sebelas SMK, anatara lain adalah struktur hirarki basis data,  ketergantungan fungsional, entity relationship diagram (ERD), teknik normalisasi data, standar query language (SQL), dan aplikasi sistem manajemen basis data atau database managemen sistem (DBMS).

Dalam penyampaian materi atau topik materi mata pelajaran ini bisa diantaranya menggunakan pendekatan atau model pembelajaran langsung. Model ini merupakan sebuah metode pembelajaran yang dalam penerapannya terdapat beberapa fase, setiap fasenya memudahkan guru dalam memberikan penjelasan materi maupun praktek secara terstruktur. Dengan pendekatan pembelajaran langsung hasil yang didapatkan oleh peserta didik lebih maksimal. Demikian yang ditunjukkan oleh beberapa penelitian tindakan kelas.

Sebagai rambu-rambu dalam penyampaian materi adalah mutlak bagi seorang guru mempersiapkan RPP diawal tahun pembelajaran. berikut ini, penulis share contoh model RPP Basis Data SMK kelas XI yang dalam pembelajarannya terdapat langkah pembelajaran untuk penguatan karakter atau istilah familiarnya adalah PPK, Pendidikan Penguatan Karakter. Dan juga digenapi dengan Literasi, 4C, dan HOTS karena tuntutan Kurikulum 2013 revisi 2017 dalam upaya menghadapi tantangan abad 21. Semoga contoh model ini bermanfaat!

1 Response to "RPP Basis Data SMK Kelas XI TP. 2018/2019 K-13 Revisi 2017"

Iklan Atas Artikel