-->

RPP Teknik Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X SMK K13 Revisi 2017

RPP TKJ
Mata pelajaran jaringan dasar merupakan mata pelajaran produktif pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Berdasarkan struktur kurikulum mata pelajaran sistem operasi disampaikan di kelas X semester 1 dan semester 2, masing-masing 3 jam pelajaran. Untuk semester 1 topik materi pembelajaran menekankan pada pemanfaatan sistem operasi closed source dalam hal ini adalah sistem operasi keluarga Windows. Sedangkan untuk semester 2 topik materi pembelajaran menekankan pada pemanfaatan sistem operasi open source dalam hal ini sistem operasi keluarga unix.

Dalam sistem komputer sistem operasi merupakan salah satu komponen perangkat lunak komputer. Sistem operasi merupakan perangkat lunak lapisan pertama yang diletakkan pada media penyimpan (hard disk) di komputer. Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk perangkat lunak aplikasi. Sistem operasi akan mengelola semua aktifitas komputer yang berkaitan dengan pengaksesan perangkat keras, pengelolaan proses seperti penjadwalan proses, dan pengelolaan aplikasi. Sistem operasi mempunyai peranan yang sangat penting. Karena secanggih apapun perangkat keras komputer jika tidak didukung sistem operasi, maka sistem komputer tersebut tidak akan ada manfaatnya.

Materi pembelajaran pada TKJ kelas X, sekedar contoh, bisa dikemukakan disini sebagai berikut

Jaringan Dasar

1. Konsep teknologi jaringan komputer, terdiri dari materi PAN (personal area network), LAN (Local Area Network), MAN (Metropolit Area Network), dan WAN (Wide Area Network)
2. Model OSI terdiri dari materi Lapisan fisik, lapisan data llink, lapisan network, lapisan transport, lapisan sesion, lapisan presentasii, lapisan aplikasi
3.Topologi Jaringan anatara lain, topologi bus, topologi ring, topologi star, topologi extended star, topologi mesh,topologi hierarchical (hirarki)
4.Media Jaringan, diantaranya terdiri dari mater kabel jenis UTP, kabel jenis STP, kabel jenis coaxial, wireless, dan fiber optik
5. Protokol jaringan, materinya adalah protokol netware, protokol UDP, sejarah dan arsitektur TCP/IP, perbandingan model OSI dengan TCP/IP, protokol pada jaringan peer to peer, dan setting IP pada windows dan linux
6. Protokol pengalamatan, terdiri dari materi pengalamatan IPv4, pengalamatan IPv6, subnetting classfull, danNetwork Address Translation (NAT)
7. Perangkat keras jaringan, materinya meliputi, perangkat hub dan repeater, perangkat bridge dan switch, dan perangkat router

Yang ingin penulis sharing selanjutnya adalah model RPP mapel Teknologi dan Komputer Jaringan, dalam hal ini mapel TKJ kelas X SMK Kurikulum 2013 revisi 2017. dalam RPP ini metode dan langkah atau kegiatan pembelajarannya disusun guna menjawab tantangan abad 21, yakni dengan mengintegrasikannya dengan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Semoga bermanfaat!

0 Response to "RPP Teknik Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X SMK K13 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel