-->

RPP PAI dan BP SD Kelas 1 K-13 Revisi 2017

RPP PAI dan BP
Agama berperan penting dalam kehidupan umat manusia.; agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Oleh karena mengingat betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia, maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap individu maupun komunal menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.

Pendidikan Agama diwujudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Dalam Akhlak mulia inheren soal etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Adapun dalam konteks peningkatan potensi spritual menliputi pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Akhirnya, peningkatan potensi spritual tersebut bermuara pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.

Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial.

Pembelajaran pendidikan Agama Islam di SD/MI secara umum bertujuan untuk:

1. Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;

2. Mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitumanusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dansosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.

Dibawah ini adalah contoh RPP PAI dan Budi Pekerti untuk kelas I SD sesuai dengan Kurikulum 2013 revisi 2017, terintegrasi dengan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS dengan harapan guru PAI dan BP yang ingin menyusun RPP ada versi pembandingnya.

Semoga bermanfaat!

0 Response to "RPP PAI dan BP SD Kelas 1 K-13 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel