-->

RPP Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTS. K-13 Revisi 2017


RPP Bahasa Indonesia VII
Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan suatu kegiatan yang terencana dan mempunyai tujuan. Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya antara lain diperlukan strategi dan model pembelajaran agar tujuan pembelajaran bahasa Indonesia dapat tercapai.

Secara umum strategi dapat diartikan sebagai suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan. Bila dihubungkan dengan belajar mengajar, strategi juga bisa diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru dan anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.

Dalam dunia pendidikan, strategi diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (Sanjaya, 2007:126). Sementara Subana (2003:16) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu rancangan atau pola yang digunakan untuk menentukan proses belajar mengajar.

Melalui pembelajaran Bahasa Indonesia siswa dilatih menyongsong dunia literasi dengan penumbuhan minat baca melalui jurnal membaca dirancang terintegrasi dalam pembelajaran. Cara penyajian materi Bahasa Indonesia dilakukan secara induktif dan berbasis tugas.

Dengan pembelajaran Bahasa Indonesia diharapkan siswa memiliki kompetensi dalam mendengar, membaca, menulis, menyajikan secara lisan. Selain itu siswa juga memiliki pengetahuan yang memadai tentang penggunaan bahasa Indonesia secara efektif pada ragam sastra maupun nonsastra.

Materi Bahasa Indonesia kelas 7 terdiri atas delapan bab. Berikut ini admin coba sarikan dari Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 7 Revisi 2017.

Bab 1 Belajar Mendeskripsikan
A. Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
B. Menentukan Isi Teks Deskripsi
C. Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi
D. Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi

Bab 2 Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi
A. Mengidentifikasi Unsur Cerita Fantasi
B. Menceritakan Kembali Isi Cerita Fantasi yang Dibaca/ Didengar
C. Menelaah Struktur dan Bahasa Cerita Fantasi
D. Menyajikan Cerita Fantasi

Bab 3 Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
A. Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur
B. Menyimpulkan Isi Teks Prosedur
C. Menelaah Struktur dan Bahasa pada Teks Prosedur
D. Menulis dan Memeragakan Teks Prosedur

Bab 4 Menyibak Ilmu dalam Laporan Hasil Observasi
A. Mengidentifikasi Teks Hasil Observasi
B. Menyimpulkan Isi Teks Laporan Hasil Observasi yang Berupa Buku Pengetahuan yang Dibaca dan Didengar
C. Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Hasil Observasi
D. Merangkum dan Menyajikan Laporan Hasil Observasi

Bab 5 Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
A. Mengenal dan Memahami Puisi Rakyat
B. Menyimpulkan Isi Puisi Rakyat
C. Menelaah Struktur dan Kebahasaan pada Puisi Rakyat
D. Menyajikan Puisi Rakyat secara Lisan dan Tulis

Bab 6 Mengapresiasi dan Mengkreasikan Fabel
A. Mengenali Ciri Fabel
B. Menceritakan Kembali Isi Fabel
C. Memerankan Isi Fabel

Bab 7 Berkorespondensi dengan Surat Pribadi dan Surat Dinas
A. Mengenal dan Memahami Surat
B. Menelaah Struktur dan Bahasa Surat Pribadi dan Surat Dinas
C. Menulis Surat Pribadi dan Surat Dinas dalam Bentuk Kertas atau Email

Bab 8 Menjadi Pembaca Efektif
A. Membaca dan Mengenal Unsur Pembangun Buku Nonfiksi
B. Merangkum Buku
C. Menelaah Unsur Buku dan Membuat Komentar
D. Mengamati Contoh Komentar Terhadap Buku Fiksi dan Nonfiksi

Selanjutnya penulis muat disini contoh RPP Bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTS. Berdasarkan Ketentuan Kurikulum 2013 revisi 2017. RPP ini sudah terintegrasi dengan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS.

Demikianlah point-point materi pembelajaran Bahasa Indonesia dan contoh model RPP Bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTS. Kurikulum 2013 Revisi 2017, semoga bermanfaat.

0 Response to "RPP Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTS. K-13 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel