-->

RPP Admininstrasi Sistem Jaringan SMK Kelas XII K-13 Revisi 2017

RPP SMK

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan juga merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. 

Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan. Teknologi Komunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi TIK adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Juga dapat berkomunikasi dengan biaya murah seperti fasilitas email yang dapat kita pergunakan dengan mudah di internet. 

Dalam pembelajaran Administrsi Sistem Jaringan di SMK, peserta didik diharapkan mampu berperan sebagai administrator handal. Oleh karena memang seorang administrator memiliki tugas-tugas tidak mudah, misalnya 

1. Membuat dan Mengatur User Account, baik sebagai local user account maupun sebagai domain user account. 

2. Keamanan Jaringan (Security), yakni mampu melindungi jaringan computer merupakan salah satu tugas utama seorang admin jaringan.Seorang admin harus memastikan bahwa jaringan computer dalam keadaan aman dan berfungsi dengan baik. 

3. Management Back Up. Tugas lain dari seorang admin jaringan adalah membuat Back Up/cadangan file file server.Back up berfungsi saat terjadi hal hal di luar dugaan seperti bencana alam,kerusakan hardware yang mengancam kehilangan data,data yang terhapus secara tidak sengaja.Dengan adanya data back up,admin dapat mengembalikan data yang hilang menjadi seperti sedia kala. 

4. Troubleshoting. Troubleshooting(penanganan masalah) adalah pekerjaan sehari hari seorang admin jaringan dalam mengatasi semua permasalahan yang terjadi dalam jaringan.Seorang admin wajib menjaga aktifitas jaringan agar dapat berjalan dengan baik.Biasanya masalah yang timbul dalam suatu jaringan komputer merupakan persoalan-persoalan teknis,seperti:kerusakan komputer,terputusnya koneksi komputer,gangguan internet dan sebagainya. 

5. Update (pembaruan). Update merupakan tugas yang terlihat mudah tetapi memiliki efek yang besar.Update ini dapat berupa update perangkat lunak maupun perangkat keras.Update perangkat lunak seperti update patch sistem operasi dan antivirus.Update perangkat keras seperti penggantian komputer seiring dengan perkembangan teknologi. 

Dibawah ini, penulis memuat contoh RPP Administrasi Sistem Jaringan SMK kelas XII Kurikulum 2013 revisi 2017 yang diintegrasikan dengan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS yang kiranya bisa dijadikan sebagai bagian dari referensi bagi guru yang mengajar maple Administrasi Sistem Jaringan yang hendak menyusun RPP. 

Semoga bermanfaat!

0 Response to "RPP Admininstrasi Sistem Jaringan SMK Kelas XII K-13 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel