-->

RPP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SD Kelas II K-13 Revisi 2017

RPP SD
Pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam UU No. 20 Tahun 2003. Menurut undang - undang, tujuan pendidikan nasional adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berhaklak mulia, mandiri, kreatif,cakap, berilmu, menjadi seorang warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Dalam kehidupan, agama mempunyai peran yang sangat penting bagi umat manusia. Agama mempunyai peran strategis sebagai pedoman yang mampu mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna dan bermartabat.Oleh karena itu, dengan mengetahui besar dan pentingnya peran agama dalam kehidupan individual maka upaya internalisasi agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keharusanan. Adapun jalan yang dapat ditempuh adalah lewat pendidikan baik pendidikan dilingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.

Pendidikan Agama Katolik merupakan salah satu usaha yang dirancang dan dilakukan secara terencana dan berkesinambungan guna mengembangkan kemampuan peserta didik untuk menguatkan dan memperteguh iman dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan ajaran Gereja Katolik, dengan tetap memerhatikan penghormatan terhadap agama lain dalam hubungan kerukunan antarumat beragama dalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional.

Dan, lebih tegas dapat dikatakan bahwa pendidikan Agama Katolik di sekolah merupakan salah satu usaha untuk memampukan siswa berinteraksi (berkomunikasi), memahami, menggumuli dan menghayati iman. Dengan kemampuan berinteraksi antara pemahaman iman, pergumulan iman dan penghayatan iman itu diharapkan iman siswa semakin diperteguh.

Sementara itu, dari aspek tujuannya pendidikan agama Katolik bertujuan untuk membatu peserta didik dalam membangun kehidupan beriman bersama Tuhan. Membangun hidup beriman Kristiani berarti membangun kesetiaan pada Injil Yesus Kristus, yang memiliki keprihatinan tunggal, yakni Kerajaan Allah. 

Apa yang dinarsikan di atas ideanya tercermin dalam RPP yang disusun oleh guru. Dan berikut ini adalah contoh RPP Agama Katolik untuk tingkat SD kelas II yang dalam langkah pembelajarannya sudah diintegrasikan dengan kebutuhan abad 21 sebagaimana tuntutan K-13 revisi 2017, yakni diintegrasikan dengan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Semoga bermanfaat!

0 Response to "RPP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SD Kelas II K-13 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel