-->

RPP Bahasa Inggris SMP/MTS Kelas VIII K-13 Revisi 2017

RPP Bahasa Inggris

Dalam draft Pengembangan Kurikulum 2013 diisyaratkan bahwa proses pembelajaran yang dikehendaki adalah pembelajaran yang mengedepankan pengalaman personal melalui observasi (menyimak, melihat, membaca, mendengar), asosiasi, bertanya, menyimpulkan, dan mengkomunikasikan. Disebutkan pula, bahwa proses pembelajaran yang dikehendaki adalah proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered active learning) dengan sifat pembelajaran yang kontekstual. (Sumber: Pengembangan Kurikulum 20013, Bahan Uji Publik, Kemendikbud)

Proses pembelajaran tersebut diatas harus terefleksi dalam RPP yang harus disusun oleh guru. Sekedar gambaran apa yang dimaksud dengan RPP, berikut ini penegertiannya. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran [RPP] adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Maka ringkasnya RPP adalah rencana operasional kegiatan pembelajaran setiap atau beberapa KD dalam setiap tatap muka di kelas. Lingkup RPP paling luas mencakup 1 (satu) Komptensi Dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.

RPP harus berupa kegiatan konkret setapak demi setapak yang dilakukan oleh guru di kelas dalam mendampingi peserta didik. Satu hal yang amat penting dalam penyusunan RPP adalah bahwa kegiatan pembelajaran harus diarahkan agar berfokus pada peserta didik, sedangkan guru berperan sebagai pendamping, fasilitator. Artinya, ketika guru memilih pendekatan, metode, materi, pengalaman belajar, interaksi belajar mengajar harus memungkinkan peserta didik berinteraksi dan aktif, sedang guru memfasilitasi dan mendampinginya.

Adapun untuk contoh RPP, dibawah ini penulis muat contoh model RPP bahasa Inggris kelas 8, yakni model contoh RPP yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 versi revisi 2017. Contoh RPP di sharing dengan harapan bisa dijadikan sebagai bahan referensi bagi guru bahasa Inggris yang hendak menyusun RPP. RPP inipun sudah terintegrasi dengan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Semoga bermanfaat!

0 Response to "RPP Bahasa Inggris SMP/MTS Kelas VIII K-13 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel