-->

RPP Matematika Kelas I SD/MI K-13 Revisi 2017

RPP Matematika

Matematika merupakan suatu ilmu dasar, kini ia kian berkembang demikian pesat, baik materi maupun kegunaannya, dalam kehidupan keseharian kita . Penguasaan matematika secara baik perlu diupayakan sejak dini dan perlu ditanamkan sehingga konsep-konsep dasar matematika dapat diaplikasikan dengan tepat dalam kehidupan sehari-hari. Apabila peserta didik terbiasa memakai konsep dasar matematika, maka peserta didik akan memiliki bekal untuk menelisik perkembangan ilmu dan teknologi yang berkembang pesat dewasa ini.
Pembelajaran matematika sejatinya tidak lepas dari ciri matematika itu sendiri. Ciri-ciri tersebut adalah (1) memiliki objek kejadian yang abstrak dan (2) berpola pikir deduktif dan konsisten. Disamping itu matematika berfungsi untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan bilangan dan simbol-simbol serta ketajaman penalaran yang dapat membantu memperjelas dan menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari (Depdikbud, 1996).
Tujuan pembelajaran matematika di SD adalah:

1.  Mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan dalam kehidupan melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran logis, rasional, kritis, cermat, jujur dan efektif.
2.  Mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan.
3.  Menambah dan mengembangkan keterampilan berhitung dengan bilangan sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari.
4.   Mengembangkan pengetahuan dasar matematika sebagai bekal untuk melanjutkan ke pendidikan menengah.
5.     Membentuk sikap logis, kritis, cermat, kreatif dan disiplin.

Dibawah ini saya muat contoh RPP matematika SD/MI model kurikulum 2013 revisi 2017, yakni dimana langkah atau metode pembelajarannya sudah diintegrasikan dengan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS.

Semoga bermanfaat!

0 Response to "RPP Matematika Kelas I SD/MI K-13 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel