-->

RPP Bahasa Indonesia SMK/MAK Kelas XII K13 Revisi 2017

RPP Bahasa Indonesia

Secara umum ada puluhan model pembelajaran yang bisa diterapkan dalam pembelajaran untuk mencapai hasil yang diharapkan dari peserta didik. Tiga contoh model dibawah ini kiranya bisa juga diterapakan dalam pe,belajaran bahasa Indonesia. Ketiga model pembelajaran itu sebagai berikut.

1. Kooperatif, Cooperative Learning (CL)

Model pembelajaran kooperatif adalah kegiatan pembelajaran dengan cara berkelompok untuk bekerja sama saling membantu mengkontruksi konsep, menyelesaikan persoalan, atau inkuiri. Menurut teori dan pengalaman agar kelompok kohesif (kompak-partisipatif), tiap anggota kelompok terdiri dari 4 – 5 orang, siswa heterogen (kemampuan, gender, karekter), ada control dan fasilitasi, dan meminta tanggung jawab hasil kelompok berupa laporan atau presentasi. Sintaks pembelajaran kooperatif adalah informasi, pengarahan-strategi, membentuk kelompok heterogen, kerja kelompok, presentasi hasil kelompok, dan pelaporan.

2. Kontekstual, Contextual Teaching and Learning (CTL)

Pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran yang dimulai dengan sajian atau tanya jawab lisan (ramah, terbuka, negosiasi) yang terkait dengan dunia nyata kehidupan siswa (daily life modeling), sehingga akan terasa manfaat dari materi yang akan disajkan, motivasi belajar muncul, dunia pikiran siswa menjadi konkret, dan suasana menjadi kondusif – nyaman dan menyenangkan. Prinsip pembelajaran kontekstual adalah aktivitas siswa, siswa melakukan dan mengalami, tidak hanya menonton dan mencatat, dan pengembangan kemampuan sosialisasi.

3. Realistik, Realistic Mathematics Education (RME).

Prinsip RME adalah aktivitas (doing) konstruksivis, realitas (kebermaknaan proses-aplikasi), pemahaman (menemukan-informal dalam konteks melalui refleksi, informal ke formal), inter-twinment (keterkaitan-intekoneksi antar konsep), interaksi (pembelajaran sebagai aktivitas sosial, sharing), dan bimbingan (dari guru dalam penemuan).

Namun yang paling urgent adalah bagaimana model pembelajaran dipilih sesuai dengan cara-gaya belajar peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan optimal. Model pembelajaran yang menjadi acuan secara legal formal harus tercermin dalam RPP yang disusun oleh guru bersangkuta. Dan, dibawah ini contoh model RPP BahasaIndonesia SMK kelas XII yang sudah sesuai dengan Kurikulum 2013 revisi 2017, yakni terintegrasi dengan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Semoga bermanfaat!

0 Response to "RPP Bahasa Indonesia SMK/MAK Kelas XII K13 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel