-->

RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTS K13 Revisi 2017



RPP Bahasa Indonesia 
Strategi pembelajaran Bahasa Indonesia perlu didalami dan dikaji sedemikian rupa oleh guru agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam pandangan Sagala (2008: 221), ahli Pendidikan, menyatakan bahwa konsep dasar strategi belajar mengajar meliputi hal-hal sebagai berikut.

1. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan perilaku belajar.
2. Menentukan pilihan berkenaan dengan pendekatan terhadap masalah belajar meng- ajar,besar haluan garis-garis memilih prosedur, metode dan teknik belajar mengajar
3. Norma dan kriteria keberhasilan kegiatan belajar mengajar.

Strategi dapat diartikan sebagai suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam rangka mencapai sasaran yang telah ditentukan. Dikaitkan dengan belajar-meng- ajar, strategi bisa diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru, murid dalam digariskan.

Sementara itu, berbeda dengan Sagala, Newman dan Mogan membagi bahwa strategi dasar setiap usaha meliputi empat masalah masing-masing yaitu sebagai berikut.

1. Pengidentifikasian dan penetapan spesifikasi dan kualifikasi hasil yang harus dicapai dan menjadi sasaan usaha tersebut, dengan mempertimbangkan aspirasi masyarakat yang memerlukannya
2. Pertimbangan dan pemilihan pendekatan utama yang ampuh untuk mencapai sasaran
3. Pertimbangan dan penetapan langkah-langkah yang ditempuh sejak awal sampai akhir
4. Pertimbangan dan penetapan tolah uku dan ukuran baku yang akan digunakan untuk menilai keberhasilan usaha yang dilakukan.

Berdasarkan pendapat para pakar di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tidak dapat diabaikan dalam pelaksaan proses pembelajaran. Dengan menggunakan model, guru akan terhindar dari pembiasaan pembelajaran konvensional yang lebih menekankan pembelajaran berpusat pada guru. Sementara, pembelajaran yang aktif harus berpusat pada peserta didik. Untuk itu, khusus dalam pembelajaran Bahasa Indonesia guru perlu mendesain pembelajaran yang mampu mengaktifkan peserta didik guna mampu menghadapi tantangan abad 21.

Dibawah ini adalah contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTS. yang didesain sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 revisi 2017, dimana dalam K13 yang cukup menonjol adalah model dan langkah kegiatan pembelajaran yang diintegrasikan dengan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS.

Semoga bermanfaat!

0 Response to "RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTS K13 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel