-->

RPP Tematik SD/MI Kelas VI K-13 Revisi 2017


RPP Tematik SD/MI Kelas VI

Pembelajaran tematik merupakan suatu strategi pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Keterpaduan dalam pembelajaran ini dapat dilihat dari aspek proses atau waktu, aspek kurikulum dan aspek belajar mengajar. Pembelajar tematik diajarkan pada pada seluruh siswa sekolah dasar 1 hingga kelas 6.

Pembelajaran tematik disampaikan ditingkat satuan pendidikan SD/MI karena secara umum mereka masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan, holistik. Dikihat dari aspek perkembangan fisiknya juga, perkembangan seusia SD tidak pernah bisa dipisahkan dengan perkembangan mental, sosial, dan emosional. Dan oleh karena itu dibutuhkan strategi pembelajaran yang pas. 

Strategi Pembelajaran Tematik diupayakan agar tercipta suasana pembelajaran 1) bersahabat, menyenangkan, dan bermakna bagi anak; dan 2) Dalam menanamkan konsep atau pengetahuan dan keterampilan anak tidak harus didrill, tetapi ia belajar melalui pengalaman nyata, langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah dipahami. Bentuk pembelajaran ini dikenal dengan pembelajaran terpadu, dan pembelajarannya sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak.

Pembelajaran tematik mempunyai ciri-ciri yang tegas, yakni karakternya:
1.       Berpusat pada siswa
2.       Memberikan pengalaman langsung
3.      Pemisahan mata pelajaran tidak begitu jelas
4.      Menyajikan konsep dari berbagai matapelajaran
5.      Bersifat fleksibel
6.      Hasil pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa
7.      Menggunakan prinsip belajar sambil bermain dan menyenangkan

Strategi dan ciri ciri karakter pembelajaran tematik seperti yang dikemukakan diatas harus tercermin dalam RPP yang harus disusun oleh guru SD dan Sekolah Dasar bercirikan agama.

Dibawah ini adalah contoh RPP tematik SD/MI K-13 revisi 2017 Kelas VI Tahun Pelajaran 2018/2019 yang diintegrasikan dengan pendidikan penguatan karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS. Semoga contoh RPP ini dapat memberikan manfaat bagi guru SD/MI sebagai bahan referensi dalam menyusun perangkat pembelajaran SD/MI kelas VI ( baca: RPP).

0 Response to "RPP Tematik SD/MI Kelas VI K-13 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel