-->

RPP PJOK SD/MI Kelas I K13 Revisi 2017

RPP PJOK SD/MI

Pembelajaran untuk tingkat SD khususnya kelas bawah, sejatinya 60 persen mengambil porsi bermain dan 40 persen sisanya belajar. Ada banyak model dan strategi pembelajaran yang bisa diimplentasikan oleh guru. Dalam konteks pembelajaan mata pelajaran PJOK di kelas satu SD/MI, menurut strategi pembelajaran yang sudah dikembangkan dalam dunia pendidikan di Indonesia, diantaranya adalah Pengajaran Interaktif (Interactive Teaching), Pengajaran Berpangkalan (Station Teaching), Pengajaran Sesama Teman(Peer Teaching), Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning), Strategi Pembelajaran Sendiri (Self-instructional Strategies), Strategi Kognitif (Cognitive Strategies), dan Pengajaran Beregu (Team teaching) 

1. Pengajaran Interaktif (Interactive Teaching) 
Pengajaran interaktif mempunyai makna guru memberitahukan, menunjukkan, atau mengarahkan sekelompok anak tentang apa yang harus dilakukan; lalu siswa melakukannya; dan guru mengevaluasi seberapa baik hal itu dilakukan dan mengembangkan isi pelaja ran lebih jauh, guru mengontrol proses pengajaran. Biasanya seluruh kelas bekerja pada tugas yang sama atau dalam kerangka tugas yang sama. Bandingkan strategi ini dengan gaya komando; keduanya memiliki perangkat ciri yang sama. 

2. Pengajaran Berpangkalan ( Station Teaching ) 
Pengajaran berpangkalan menata lingkungan sehingga dua atau lebih tugas bisa berlangsung dalam ruangan secara bersamaan. Biasanya, setiap tugas harus dilakukan dalam pangkalan yang berbeda dengan tugas lainnya, sehingga setiap tugas memiliki pangkalannya masing - masing. Siswa berputar dari satu pangkalan ke pangkalan lain. Kadang- kadang, pengajaran berpangkalan ini disebut juga pengajaran tugas. Strategi ini dalam tataran gaya mengajar, serupa dengan gaya latihan ( practice style). 

3. Pengajaran Sesama Teman (Peer Teaching) 
Pengajaran sesama teman adalah strategi pengajaran yang mengalihkan tanggung jawab guru dalam fungsi pengajarannya kepada siswa. Strategi ini biasanya digunakan bersamaan dengan strategi lain tetapi berharga untuk diek splorasi secara terpisah. Strategi ini tidak jauh berbeda dengan gaya berbalasan (reciprocal style ), dalam hal siswa sendiri memberikan pengarahan kepada siswa lainnya. Bedanya, dalam pengajaran sesama teman, siswa yang b ertindak sebagai pengajar tidak han ya berhadapan dengan satu siswa, tetapi bisa dengan sekelompok siswa. 

4. Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) 
Dalam pembelajaran kooperatif, sekelompok siswa diberi tugas pembelajaran atau proyek untuk diselesaikan oleh kelompoknya. Siswa dikelompokkan secara heterogen menurut faktor yang berbeda seperti kemampuan atau kebutuhan sosialnya. Keberhasilan kelompok dalam pembelajaran dinilai sesuai dengan seberapa baik mereka mampu menyelesaikan tugasnya, di samping dari cara mereka bekerja sama dengan yang lain. 

5. Strategi Pembelajaran Sendiri (Self-instructional Strategies) 
Strategi pembelajaran sendiri melibatkan program yang ditetapkan oleh siswa sendiri dan mengurangi peran guru sebagai penyampai informasi. Strategi pembelajaran sendiri menyandarkan diri sepenuhnya pada materi tertulis, media, dan prosedur evaluasi yang ditetapkan sebelumnya. Strategi ini dapat dipakai untuk memenuhi satu atau lebih, terkadang seluruhnya, fungsi pengajaran. 

6. Strategi Kognitif (Cognitive Strategies) 
Strategi kognitif adalah strategi pembelajaran yang dirancang untuk melibatkan siswa secara kognitif dalam isi pelajaran melalui penyajian tugasnya. Strategi ini meliputi gaya pemecahan masalah, penemuan terbimbing, dan gaya lain yang memerlukan fungsi kognitif anak, seperti pembelajaran penemuan (inquiry learning) . Semua model ini menggambarkan pendekatan yang melibatkan siswa dalam merumuskan respons sendiri tanpa meniru apa yang sudah diperlihatkan guru sebelumnya. 

Guru dapat mengimplementasikan strategi-strategi pembelajaran tersebut diatas dalam Rancangan Pembelajaran ( baca: RPP ) disesuaikan dengan tongkat kognitif peserta didik. Sebagian bahan perbandingan berikut ini saya share model RPP PJOK SD/MI sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013 versi revisi 2017 yang diintegrasikan dengan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Semoga bermanfaat!

0 Response to "RPP PJOK SD/MI Kelas I K13 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel