-->

RPP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SD Kelas I K13 Revisi 2017

RPP PAK & BP SD
Pada Kurikulum 2013 salah satu metode yang ditekankan adalah metode saintifik dalam pembelajaran pendidikan agama dan budi pekerti. Metode ini gunanya untuk mengembangkan kompetensi yang diharapkan. Dalam konteks Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti penemuan pengetahuan, pengembangan sikap iman dan pengayaan penghayatan iman diproses melalui tindakan merefleksikan pengalaman hidup dalam terang Kitab Suci dan Tradisi. Meski demikian guru tetap mempunyai keleluasaan menggunakan berbagai macam pendekatan yang selama ini dikembangkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Katolik, yakni pendekatan berbasis pengalaman (pergumulan), pendekatan naratif-eksperiensial, dan pendekatan pedagogi reflektif.

Adapun metode yang relevan untuk mengoptimalisasikan potensi dan kompetensi peserta didik pendekatan saintifik yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 guna menghadapi tantanga abad 21 adalah model pembelajaran pada penekanan observasi, bertanya, refleksi, diskusi, presentasi, dan unjuk kerja yang dikombinasikan dengan penguatan pendidikan karakter.

Selanjutnya, dalam konteks rencana pembelajaran PAK antara lain meliputi analisis kompetensi, analisis konteks, identifikasi permasalahan (kesenjangan antara harapan dan kenyataan), penentuan strategi yang meliputi pemilihan model, materi, metode, dan media pembelajaran untuk mencapai kompetensi beranjak dari konteks. Berdasarkan keseluruhan gagasan tersebut disusunlah proses pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

Berikut ini adalah contoh model RPP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SD kelas I berdasarkan Kurikulum 2013 revisi 2017 yang diintegrasikan dengan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Semoga bermanfaat!

2 Responses to "RPP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SD Kelas I K13 Revisi 2017"

  1. Sangat membutuhkan RPP AGAMA KATOLIK SD KLS 1,2,3,4,5,6, LEVISI 2017 K 13

    BalasHapus
  2. Sangat membutuhkan RPP AGAMA KATOLIK SD KLS 1,2,3,4,5,6, LEVISI 2017 K 13

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel