-->

RPP Sejarah Wajib K13 Revisi 2017 Kelas X SMA/MA

RPP Sejarah Wajib

Dalam perangkat pembelajaran secara umum, khususnya dalam hal perangkat pembelajaran mata pelajaran Sejarah peminatan kelas X untuk SMA/MA, sejatinya dapat mendorong peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Peserta didik hendaknya diajak mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan membentuk jejaring. Kegiatan mengamati sangat bermanfaat untuk menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik. Bentuk kegiatan ini antara lain mengamati gambar, mengamati kondidi sekitar, dan mengikuti berita dari media massa. Kegiatan menanya sangat efektif untuk ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Kegiatan Menalar
Langkah selanjutnya menalar. Kegiatan menalar dapat mendorong peserta didik berpikir logis dan sistematis. Melalui kegiatan ini peserta didik akan berlatih menalar setiap hasil pengamatan atau jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam KBM. Agar memeroleh hasil belajar yang autentik, peserta didik akan diajak mencoba. Kegiatan mencoba dalam kegiatan Sejarah yang tercermin dalam perangkat pembelajaran, misalnya dalam melakukan dengan menguji keterkaitan kehidupan masa lalu dengan kehidupan pada masa kini.
Selanjutnya, peserta didik diajarkan membuat jejaring, misalnya dengan berdiskusi atau berbagi informasi. Dalam perangkat pembelajaran sejarah untuk SMA/MA kelas sepuluh ini, cara belajar ini ditampilkan atau diimplemtasikan dalam RPP. Dalam dunia pendidikan, sebagai mana yang dinarasikan barusan, perangkat pembelajaran dintegrasikan dengan PPK, Literasi, 4C, dan HOTs. 

Kita menyadari fakta-fakta baru dalam sejarah terus ditemukan. Oleh karena itu, kita hendaknya mencari informasi yang relevan dari berbagai pihak agar dalam pembelajaran sejarah menjadi lebih utuh dan memperkaya guru dan peserta didik dalam KBM.
Dibawah ini saya tampilkan contoh RPP Sejarah Wajib K13 revisi 2017 kelas X SMA/MA dengan harapan bapak ibu guru bisa menjadikannya sebagai bahan pembanding. 

0 Response to "RPP Sejarah Wajib K13 Revisi 2017 Kelas X SMA/MA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel