-->

RPP Bahasa Inggris Kelas IX SMP/MTs. K13 revisi 2017


RPP BAHASA INGGRIS 
Proses pembelajaran Bahasa Inggris tingkat SMP dalam kurikulum 2013 menggunakan pendekatan Scientific. Pendekatan ini mengandalkan kegiatan melalui proses, seperti mengamati. Peserta didik diajak untuk membaca/menonton/mendengarkan contoh – contoh teks yang sedang dipelajari dari berbagai sumber, langsung dan atau rekaman dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian atau penulisannya.

Hal lain adalah mempertanyakan. Dengan pertanyaan pengarah dari guru peserta didik mempertanyakan berbagai hal sesuai topik atau materi pembelajaran, seperti fungsi sosial, ungkapan dan struktur teks dan lain-lain. Juga, peserta didik didorong untuk bereksplorasi (bereksperimen), misalnya membaca, mendengar, menonton contoh-contoh lain  dari teks yang dipelajarinya.

Bagian lainnya adalah menganalisis dan mengasosiasi. Kegiatan ini bisa dilakukan dalam kerja kelompok terbimbing peserta didik mempelajari teks untuk dapat menyebutkan fungsi sosial, ungkapan dan  struktur teks, unsur kebahasaan serta format penulisan dari jenis teks yang sedang dipelajari. Dan berlanjut pada feedback dari guru dan teman setiap hasil kerja kelompok yang disampaikan.

Terakhir, berkomunikasi. Kegiatan berupa membaca, menyimak, mempresentasikan, memperagakan, mempublikasikan, berbicara, dan membacakan teks – teks yang dipelajarinya.

Berikut ini beberapa model pembelajaran yang dapat dijadikan rujukan sekaligus digunakan dalam proses pembelajaran, diantaranya:
     1. Project Based Learning (Pembelajaran Berbasis Proyek)
Pembelajaran berbasis proyek adalah metoda pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.
    2. Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)
Pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik untuk belajar. Pembelajaran berbasis masalah merupakan suatu metode pembelajaran yang menantang peserta didik untuk “belajar bagaimana belajar” bekerja secara berkelompok untuk mencari solusi dari permasalahan dunia nyata.
     3. Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
Metode discovery learning adalah teori belajar yang didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila peserta didik tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya (bahan belajarnya) tetapi diharapkan peserta didik mampu melakukan pengorganisasian pembelajaran sendiri.

Dibawah ini penulis memberikan contoh RPP Bahasa Inggris kelas IX SMP/MTs. K13 revisi 2017, dengan harapan dapat dijadikan bahan pembanding ketika guru Bahasa Inggris hemdak menyusun perangkat pembelajaran (baca: RPP). RPP ini sudah diintegrasikan dengan kebutuhan abad 21, yakni PPK, Literasi, 4C, dan HOTS.

Semoga bermanfaat!

0 Response to "RPP Bahasa Inggris Kelas IX SMP/MTs. K13 revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel