RPP Sejarah Kelas X SMK/MAK K13 Revisi 2017
Materi pembelajaran sejarah pada awal tahun pembelajaran meliputi:
Pengertian Diakronis, Sinkronis , dan Kronologi dalam Mempelajari Sejarah.
1. Cara Berfikir Diakronis Dalam Mempelajari Sejarah
Diakronis , adalah memanjang dalam waktu tetapi terbatas dalam ruang sedangkan
Sinkronis , adalah meluas dalam ruang tetapi terbatas dalam waktu. Sejarah itu Diakronis , maksudnya memanjang dalam waktu Sedangkan ilmu ilmu sosial itu Sinkronis, maksudnya melebar dalam ruang.
Pendekatan diakronis adalah salah satu yang menganalisis evolusi/perubahan suatu dari waktu kewaktu , yang memungkinkan seseorang untuk menilai bagaimana bahwa suatu perubahan itu terjadi sepanjang masa. Contoh : Terjadinya perang Diponegoro ( 1925-1930) Revolusi Fisik di Indonesia ( 1945-1949)
2. Cara Berfikir Sinkronis
Dalam Mempelajari Sejarah Ilmu Sosial bersifat Sinkronis , artinya ilmu Sosial meluas dalam ruang. Pendekatan Sinkronis menganalisa sesuatu pada saat tertentu,titik tetap pada waktunya. Contoh : Penelitian Arsip memerlukan waktu yang panjang.
Adapun metode pembelajarannya adalah
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : ATM (Amati, Tiru, Modifikasi), Ceramah, Diskusi, Tanya
Jawab, dan penugasan.
Berikut adalah contoh RPP Sejarah SMK kelas X berdasarkan kurikulum 2013 revisi 2017 yang diintegrasikan dengan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Semoga bermanfaat!
0 Response to "RPP Sejarah Kelas X SMK/MAK K13 Revisi 2017"
Posting Komentar