-->

RPP Sejarah Kelas X SMK/MAK K13 Revisi 2017

RPP SMK/MAK

Materi pembelajaran sejarah pada awal tahun pembelajaran meliputi: 

Pengertian Diakronis, Sinkronis , dan Kronologi dalam Mempelajari Sejarah. 

1. Cara Berfikir Diakronis Dalam Mempelajari Sejarah 
 Diakronis , adalah memanjang dalam waktu tetapi terbatas dalam ruang sedangkan 
 Sinkronis , adalah meluas dalam ruang tetapi terbatas dalam waktu. Sejarah itu Diakronis , maksudnya memanjang dalam waktu Sedangkan ilmu ilmu sosial itu Sinkronis, maksudnya melebar dalam ruang. 
 Pendekatan diakronis adalah salah satu yang menganalisis evolusi/perubahan suatu dari waktu kewaktu , yang memungkinkan seseorang untuk menilai bagaimana bahwa suatu perubahan itu terjadi sepanjang masa. Contoh :  Terjadinya perang Diponegoro ( 1925-1930)  Revolusi Fisik di Indonesia ( 1945-1949) 

2. Cara Berfikir Sinkronis 

Dalam Mempelajari Sejarah Ilmu Sosial bersifat Sinkronis , artinya ilmu Sosial meluas dalam ruang. Pendekatan Sinkronis menganalisa sesuatu pada saat tertentu,titik tetap pada waktunya. Contoh : Penelitian Arsip memerlukan waktu yang panjang. 

Adapun metode pembelajarannya adalah 

1. Pendekatan : Scientific Learning 

2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) 

3. Metode : ATM (Amati, Tiru, Modifikasi), Ceramah, Diskusi, Tanya 

Jawab, dan penugasan. 

Berikut adalah contoh RPP Sejarah SMK kelas X berdasarkan kurikulum 2013 revisi 2017 yang diintegrasikan dengan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Semoga bermanfaat!

0 Response to "RPP Sejarah Kelas X SMK/MAK K13 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel