-->

RPP PPKn SMK Kelas X K13 Revisi 2017

RPP PPKn SMK

Secara substansi kegiatan belajar mengajar merupakan suatu proses interaksi atau hubungan timbal balik antara siswa dan guru di dalam satuan pendidikan. Pada saat interaksi antara siswa dengan guru, diharapkan terjadi sebuah proses peningkatan motivasi siswa. Maksudnya, bagaimana dalam proses interaksi itu pihak pengajar mampu memberikan dan mengembangkan motivasi kepada siswa, agar dapat melakukan kegiatan belajar secara optimal.

Dalam pembelajaran untuk mata pelajaran PPKn diharapkan dapat terwujudnya proses pendidikan yang integral dan mampu mengembangkan kepribadian warga negara yang partisipatif bertanggung jawab yang pada gilirannya akan menjadi landasan untuk berkembanganya masyarakat Indonesia yang demokratis.

Ada banyak metode yang bisa digunakan dalam pembelajaran PPKn, secara umum, dan guru bisa memelih dan atau menggabungkan satu metode dengan metode lainnya sesuai kondisi dilapangan pada saat pembelajaran berlangsung. Berikut ini penulis kutip beberapa metode pembelajaran yang bisa diterapkan dalam pembelajaran PKn, (Walfarianto, 2009) :

1. Metode Diskusi

Metode diskusi adalah salah satu teknik belajar mengajar yang dilakukan oleh seorang guru di sekolah, yang dimana di dalam teknik ini terjadi proses interaksi antara dua atau lebih individu yang terlibat, saling tukar menukar pengalaman, informasi, memecahkan masalah, dapat juga semuanya aktif tidak ada yagn pasif sebagai pendengar.

2. Metode Kerja Kelompok

Metode kerja kelompok adalalah suatu cara mengajar, di mana siswa di dalam kelas dipandang sebagi suatu kelompok atau dibagi menjadi beberapa kelompok. Mereka bekerja bersama dalam memecahkan masalah, atau melaksanakan tugas tertentu, dan berusaha mencapai tujuan pengajaran yang telah ditentukan oleh guru.

3. Metode Penemuan (Discovery)

Metode penemuan merupakan proses dimana seorang siswa melakukan proses mental yang harus mampu mengasimilasikan sesuatu konsep atau prinsip, yang dimaksud proses mental ialah mengamati, mencerna, mengerti menggolong-golongkan, membuat dugaan membuat kesimpulan dan lain sebagainya. Sedangkan prinsip yang dimaksud dengan prinsip ialah siswa dibiarkan menemukan sendiri atau mengalami mental itu sendiri, guru hanya membimbing dan memberiakn instruksi.

4. Metode Penyajian Tanya-Jawab

Metode penyajian tanya-jawab ialah suatu cara untuk memberikan motivasi pada siswa agar bangkit pemikirannya untuk bertanya, selama mendengarkan pelajaran atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai isi pelajaran yang sedang diajarkan guru agar dimengerti, bermanfaat dan dapat diingat dengan baik.

5. Metode Ceramah

Metode ceramah ialah cara mengajar yang paling tradisional dan telah lama dijalankan dalam sejarah pendidikan, yaitu dimana seorang guru menularkan pengetahuannya kepada siswa secara lisan atau ceramah.

Berikut ini penulis share contoh model RPP PPKn SMK kelas X yang penyusunannya disesuaikan dengan kurikulum 2013 versi revisi 2017, dimana kegiatan dan langkah pembelajarannya diintegrasikan dengan PPK, Literasi , 4C, dan HOTS. Semoga bermanfaat!

0 Response to "RPP PPKn SMK Kelas X K13 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel