-->

RPP IPA Dasar SMK Kelas X Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen K13 Revisi 2017

RPP SMK

Berdasarkan Permendikbud Nomor 65 tentang standar proses, model pembelajaran yang diutamakan dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah model pembelajaran Inkuiri (Inquiry Based Learning), model pembelajaran Discovery (Discovery Learning), model pembelajaran berbasis projek (Project Based Learning), dan model pembelajaran berbasis permasalahan (Problem Based Learning).

Dalam RPP yang hendak disusun oleh guru idealnya semua model ter-refresentatif. namun demikian, dalam menentukan model pembelajaran yang akan dilaksanakan dapat mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:

1. Kesesuaian model pembelajaran dengan kompetensi sikap pada KI-1 dan KI-2 serta kompetensi pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan KD-3 dan/atau KD-4.
2. Kesesuaian model pembelajaran dengan karakteristik KD-1 (jika ada) dan KD-2 yang dapat mengembangkan kompetensi sikap, dan kesesuaian materi pembelajaran dengan tuntutan KD-3 dan KD-4 untuk memgembangkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan.
3. Penggunaan pendekatan saintifik yang mengembangkan pengalaman belajar peserta didik melalui kegiatan mengamati (observing), menanya (questioning), mencoba/mengumpulkan informasi (experimenting/ collecting information), mengasosiasi/menalar (assosiating), dan mengomunikasikan (communicating).

Adapun materi pelajaran untuk IPA Dasar SMK kelas X bidang keahlian Bisnis dan Manajemen terdiri dari 9 bab yang terdiri dari:

BAB 1 gejala alam biotik dan abiotik
BAB 2 bencana alam dan mitigasi bencana
BAB 3 materi dan perubahannya
BAB 4 komponen dan macam ekosistem
BAB 5 keseimbangan lingkungan
BAB 6 limbah
BAB 7 polusi
BAB 8 analisis mengenai dampak lingkungan hidup (amdal)
BAB 9 menerapkan kesehatan, keamanan, dan keselamatan kerja

Dan, berikut ini contoh model RPP IPA dasar SMK pada bedang keahlian Bisnis dan manajemen yang dalam penyususnannya sudah diintegrasikan dengan PPK, Literasi, 4C, HOTS. Semoga bermanfaat!

3 Responses to "RPP IPA Dasar SMK Kelas X Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen K13 Revisi 2017"

Iklan Atas Artikel