-->

RPP Persiapan Lahan dan Penanaman Tanaman Perkebunan Kelas XI SMK/MAK K13 Revisi 2017

RPP SMK/MAK
Dalam menyampaikan materi pembelajaran seorang guru harus memerhatikan langkah-langkah pembelajaran sebagaimana dikehendaki oleh kurikulum 2013 revisi 2017. Berikut saya deskripsikan bagaimana langkah-langkah tersebut, dalam hal ini misalnya untuk mata pelajaran “Persiapan Lahan dan Penanaman Tanaman Perkebunan” SMK/MAK kelas XI: 

1. Pertemuan Ke-1 ( 6 x 45 menit ) Waktu 

Kegiatan Pendahuluan 

Guru : 

Orientasi (15 menit) 

 Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran (PPK Religius) 
 Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin (PPK:disiplin) 
 Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. 

Apersepsi 

 Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya 
 Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 
 Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis) 

Motivasi 

 Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. 
 Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh- sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang: 
 Keselamatan dan kesehatan 
 Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung 
 Mengajukan pertanyaan. 

Pemberian Acuan 

 Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. 
 Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung (Literasi dan Komunikatif) 
 Pembagian kelompok belajar 
 Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. 

Kegiatan Inti ( 105 menit ) 

Sintak Model Pembelajaran 

Kegiatan Pembelajaran : 

Stimulation (stimullasi/pemberian rangsangan) 

KEGIATAN LITERASI 

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Penyelesaian atau Akar dan Bukan Akar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan cara: 

 Mengamati 
Peserta didik diminta mengamati gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru. Keselamatan dan kesehatan 

Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah) 

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) 

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya: 
 Mengajukan pertanyaan tentang: 
1. Keselamatan dan kesehatan yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. 

Data collection (pengumpulan data) 

KEGIATAN LITERASI 
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: 

 Mengumpulkan informasi 
Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang Keselamatan dan kesehatan 

 Membaca sumber lain selain buku teks 
Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang keselamatan dan kesehatan 

 Saling tukar informasi tentang: 
1. Keselamatan dan kesehatan dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok 
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. 

Data processing (pengolahan Data) 

COLLABORATION (KOLABORASI) 

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara: 

 Berdiskusi tentang data: Keselamatan dan kesehatan yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya. 
 Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. 
 Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai keselamatan dan kesehatan 

Verification (pembuktian) 

COLLABORATION (KOLABORASI) 

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan: 

 Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan: keselamatan dan kesehatan 

Generalizatio (menarik kesimpulan) 

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) 

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan : 

 Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan 
 Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang: Keselamatan dan kesehatan 
 Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan 
 Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. 

CREATIVE (KREATIFITAS) 

 Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa: Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Keselamatan dan kesehatan 
 Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. 
 Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. 
 Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran 

Kegiatan Penutup 

Peserta didik : 

 Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. 
 Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. 

Guru : 

 Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek (Kedisiplinan)  Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik 
 Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). 
 Mengagendakan pekerjaan rumah. 
 Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya 

Dan berikut ini contoh dalam bentuk RPP-nya. Semoga bermanfaat!

1 Response to "RPP Persiapan Lahan dan Penanaman Tanaman Perkebunan Kelas XI SMK/MAK K13 Revisi 2017"

Iklan Atas Artikel