-->

RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas II K13 Revisi 2017

RPP SD/MI
Agus Wuryanto, dalam makalhnya, "Model dan Strategi Pembelajaran", mendefinisikan istilah model pembelajaran amat dekat dengan pengertian strategi pembelajaran dan dibedakan dari istilah strategi, pendekatan dan metode pembelajaran. Istilah model pembelajaran mempunyai makna yang lebih luas daripada suatu strategi, metode, dan teknik. Sedangkan istilah “strategi “ awal mulanya dikenal dalam dunia militer terutama terkait dengan perang atau dunia olah raga, namun demikian makna tersebut meluas tidak hanya ada pada dunia militer atau olahraga saja akan tetapi bidang ekonomi, sosial, pendidikan. Selanjutnya Agus mengutip Ruseffendi (1980), bahwa istilah strategi, metode, pendekatan dan teknik didefinisikan sebagai berikut :

1. Strategi pembelajaran adalah separangkat kebijaksanaan yang terpilih, yang telah dikaitkan dengan faktor yang menentukan warna atau strategi tersebut, yaitu :
a. Pemilihan materi pelajaran (guru atau siswa)
b. Penyaji materi pelajaran (perorangan atau kelompok, atau belajar mandiri)
c. Cara menyajikan materi pelajaran (induktif atau deduktif, analitis atau sintesis, formal atau non formal)
d. Sasaran penerima materi pelajaran ( kelompok, perorangan, heterogen, atau homogen.

Oleh karena itu, dalam konteks pembelajaran PAI dan BP, seorang guru PAI dan BP dituntut untuk:

1. Mampu memahami konsep dasar strategi pembelajaran PAI dan BP dan memilih strategi pembelajaran PAI yang tepat.
2. Mampu memahami konsep dasar metode pembelajaran PAI dan BP serta memilih metode pembelajaran PAI yang tepat.
3. Mampu memahami konsep dasar media pembelajaran PAI dan BP dan memilih media pembelajaran PAI yang tepat.
4. Mampu memahami konsep dasar bahan pembelajaran PAI dan BP dan memilih bahan pembelajaran PAI yang tepat.
5. Mampu memahami konsep dasar evaluasi pembelajaran PAI dan BP dan cara memilih alat evaluasi pembelajaran PAI yang tepat.

Kemudian, setelah semua konsep tersebut itu sudah dipahami, maka semuanya akan terlihat secara tegas dalam RPP dan perangkat pembelajaran lainnya yang disusun oleh guru bersangkutan. Berikut ini saya share contoh model RPP PAI dan BP SD K13 revisi 2017 yang dalam penyusunannnya diintegrasikan dengan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Semoga bermanfaat!

0 Response to "RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas II K13 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel