-->

RPP IPS SMP/MTS Kelas VIII K13 Revisi 2017

RPP SMP/MTS
Dalam menyampaikan materi pembelajaran dibutuhkan strategi tertentu agar materi pembelajaran sampai kepada peserta didik dan dapat dipahami, baik sebagai ilmu maupun sebagai pengetahuan praktis guna menjawab masalah-masalah keseharian. Lantas apa yang dimaksud dengan strategi?

Strategi adalah usaha yang sungguh-sungguh dan terus menerus dengan menggunakan berbagai teknik, cara ataupun metode untuk mencapai suatu tujuan.

Dan, dalam konteks pembelajaran IPS adalah usaha-usaha yang dilakukan secara sungguh-sungguh dan terus menerus dengan berbagai teknik dan metode untuk mengembangkan proses interaksi positif antara peserta pembelajaran dan sumber-sumber belajar pada mata pelajaran IPS. 

Guna mengembangkan materi IPS, terlebih dahulu harus mengenal karakteristik mapel IPS, salah satu karakteristik IPS adalah humaniora yakni berhubungan dengan sifat-sifat kemanusiaan yang pada praktiknya selalu berkembang dan mengalami perubahan. Untuk itu pengembangan pembelajaran IPS harus memperhatikan faktor-faktor geografi, ekonomi dan lingkungan kehidupan sosial dimana pembelajaran IPS tersebut dilakukan.

Adapun tujuan daripada pembelajaran IPS adalah mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang baik. Tujuan tersebut dijabarkan sebagai berikut ;

1. Peserta didik memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungannya.

2. Peserta didik memahami konsep-konsep dan menggunakan metode-metode ilmu-ilmu sosial untuk memecahkan masalah-masalah sosial

3. Peserta didik mampu menggunakan model-model proses berpikir dan dapat menentukan kebijakan dan keputusan untuk memecahkan masalah yang sedang berkembang.

4. Peserta didik memiliki perhatian terhadap isu-isu dan masalah-masalah sosial yang sedang berkembang sehingga mampu menganalisa secara kritis yang pada akhirnya dapat mengambil tindakan yang tepat.

Oleh karena itu RPP IPS harus disusun sedemikian rupa agar tujuan pembelajaran IPS tercapai sebagaimana diuraikan di atas. Dalam kurikulum 2013 tujuan tersebut bisa dicapai karena dalam langkah dan kegiatan pembelajarannya terdapat kegiatan untuk penguatan karakter (PPK), kebiasaan berliterasi (Literasi), bisa berpikir kritis dan bekerja sama (4C), dan didorong dapat berpikir dari tataran berpikir tingkat rendah (LOTS) hingga tingkat tinggi (HOTS). berikut adalah contoh model RPP IPS SMP yang sudah disesuaikan dengan tuntutan K13 dan kebutuhan menjawab tantangan abad 21. Semoga bermanfaat!

0 Response to "RPP IPS SMP/MTS Kelas VIII K13 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel