-->

RPP Matematika SD Kelas V K13 Revisi 2017

RPP SD

Terdapat sejumlah masalah dalam pembelajaran Matematika di tingkat Sekolah Dasar. Ternyata masalah pembelajaran matematika bukan hanya disebabkan oleh siswa, melainkan juga karena faktor guru, orang tua. Adalah keliru bila ada anggapan bahwa anak anak usia Sekolah Dasar adalah mereka yang bisa berpikir abstrak, layaknya orang dewasa dan lebih berbahaya lagi masih melekatnya pandangan pembelajaran matematika semata ditarget untuk bisa menjawab ujian nasional. Akibatnya, anak-anak memahami matematika secara instrumental. Salah satu contoh pemahaman instrumental misanya dalam konsep aljabar. Penyelesaian aljabar misalnya persamaan linear satu variabel sederhana sangat banyak terjadi kesalahan konsep (miskonsepsi) terkait cara menyelesaikannya.

Sejatinya pembelajaran matematika di Sekolah Dasar dimulai dari hal-hal yang konkret berasaskan pada aktivitas atau kegiatan. Oleh karena itu, semua menjadi tugas dan tanggung jawab bagi para guru dan masyarakat pendidikan guna mencari penyelesaian permasalahan ini melalui inovasi-inovasi dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Salah satu inovasi pembelajaran misalnya mengajarkan matematika dengan hal-hal berhubungan dengan praktik-praktik budaya yang dekat dengan anak (etnomatematika).
Ketika semua pihak ada niat dan mau melakukan perubahan, solusi itu pasti bisa diketemukan. Dan, berikut merupakan materi pembelajaran matematika Sekolah Dasar kelas V

Materi matematika kelas V semester I:

1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran
1.2 Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB
1.3 Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat
1.4 Menghitung perpangkatan dan akar sederhana
1.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB

2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
2.1 Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam
2.2 Melakukan operasi hitung satuan waktu
2.3 Melakukan pengukuran sudut
2.4 Mengenal satuan jarak dan kecepatan
2.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan

3. Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
3.1 Menghitung luas trapesium dan layang-layang
3.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar

4. Menghitung volume kubus dan balok dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
4.1 Menghitung volume kubus dan balok
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok

Materi matematika kelas V semester II

5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala

6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
6.3 Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
6.4 Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri
6.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana

Kemudian di bawah ini adalah contoh model RPP Matematika SD Kelas V yang dalam langkah kegiatan pembelajarannya diintegrasikan dengan penguatan karakter atau yang dikenal dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), juga digenapi dengan kegiatan Literasi, 4C, dan HOTS. Semoga bermanfaat!

0 Response to "RPP Matematika SD Kelas V K13 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel