-->

RPP Tematik Kelas I SD/MI K 13 2013 Revisi 2017


Di Sekolah Dasar , semua mata pelajaran dilaksanakan dengan tematik integratif berdasarkan tema-tema yang sudah disusun. Indikator IPA dan IPS mulai muncul di kelas IV hingga VI, tetapi pembelajarannya tetap tematik dan integratif

Berdasarkan pola tematik integratif ini, buku-buku siswa SD/MI tidak lagi dibuat berdasarkan mata pelajaran, tetapi berdasarkan tema yang merupakan gabungan dari berbagi mata pelajaran yang relevan dengan kompetensi di SD/MI. Sebagai contoh, untuk kelas I SD/MI ada delapan tematik, yakni diriku; kegemaranku; kegiatanku; keluargaku; pengalamanku; lingkungan bersih, sehat, dan asri; benda, binatang, dan tanaman disekitarku; serta peristiwa alam.

Inilah perubahan dalam Kurikulum 2013 dalam satuan pendidikan di Sekolah Dasar. Perubahan Kurikulum 2013 tersebut merupakan kurikulum minimal. Artinya, guru dan sekolah tetap punya keleluasaan untuk mengembangkan atau memperkaya materi. Yang penting, kompetensi minimalnya sudah terpenuhi.

Dalam konteks ini, perangkat pembelajaran, RPP, Silabus, KKM, Prota , Prosem dan seterusnya disusun oleh guru sesuai dengan perubahan dalam Kurikulum 2013. Dalam menyusun RPP, guru membagi jumlah tematik kedalam dua semester. Untuk kelas bawah misalnya, kelas I, II, dan III RPP semester I (ganjil) terdiri dari empat tema dan di semester II (genap) empat tema. Sementara itu, untuk kelas atas, kelas IV, V, dan VI ada sembilan tema. Sembilan tema ini, dalam RPP dibagi dua, lima tema di semester I (ganjil) dan sisanya empat tema di semester II (genap).

Dalam kesempatan ini saya ketenganhkan contoh RPP Tematik kelas I (satu) yang terdiri dari delapan tema dengan model pembelajaran mengacu kepada sistem Kurikulum 2013 versi revisi, yakni terintegrasi dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi, 4 C, dan HOTs.
Semoga bermanfaat!

0 Response to "RPP Tematik Kelas I SD/MI K 13 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel