-->

RPP Akidah Akhlak Kelas XII Madrasah Aliyah K 13 Revisi 2017

Pemerintah bersama-sama masyarakat, khususnya para pendidik, berkomitmen untuk menyiapkan generasi emas anak sholeh dan sholihah. Sejak tahun ajaran 2014/2015 seluruh Madrasah dibawah pembinaan Kementrian Agama RI telah siap melaksanakan Kurikulum 2013. Untuk keperluan dimaksud, maka secara legal formal Kementrian Agama RI telah menerbitkan Peraturan Mentri Agama (PMA) tentang Kurikulum 2013 yang berisi Kerangka Dasar Kurikulum Madrasah 2013, Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Kompetensi Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian.

Pada saat bersamaan, sebagai panduan implementasi Kurikulum 2013, Kemenag telah menyiapkan model silabus Pembelajaran PAI di Madrasah, menerbitkan buku pegangan siswa, dan buku pedoman guru. Kehadiran buku ditangan peserta didik dan guru menjadi kebutuhan pokok untuk menerapkan Kurikulum Madrasah 2013.

Pemerintah, dalam hal ini Kemenag, telah menyiapkan infra struktur yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran di Madrasah bagi para guru. Oleh karena itu, para guru dituntut menyiapkan perangkat pembelajaran sesuai dengan semangat atau marwah Kurikulum 2013. Salah satu yang harus disipkan (dibuat) para guru di Madrasa adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), yakni rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam Silabus.

Dalam RPP Akidah Akhlak hendaknya disusun sedemikian rupa, namun tidak keluar dari konteks yang dikharapkan dalam Kurikulum 2013, antara lain menggunakan pendekatan ilmiah atau scientific approach, yang terangkum dalam proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Pendek kata, dalam terma Kurikulum 2013 versi revisi, menggunakan terma: terintegrasi dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi, Communication, Collaborative, Critical Thingking, dan Creativity (4 C), dan Higher Order Thinking Skills (HOTs).

Seperti apakah model RPP Akidah Akhlak yang sesuai dengan K 13, maka  dibawah ini saya sertakan contoh RPP Akidah Akhlak kelas XII Madrasah Aliyah K 13 revisi 2017 dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi guru yang ingin menyusun RPP, paling tidak, sebagai bahan pembanding dan silahkan untuk di download.

Walluhu’alam Bissawab.

0 Response to "RPP Akidah Akhlak Kelas XII Madrasah Aliyah K 13 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel