-->

RPP Kimia SMA/MA Kelas X K 13 Revisi 2017


Dalam Kurikulim 2013, mata pelajaran Kimia menjadi bagian dari mata pelajaran Kelompok Matematika dan Ilmu-ilmu Alam untuk SMA/MA. Adapun ruang lingkup materi pada mata pelajaran Kimia untuk kelas X meliputi hal-hal yang paling mendasar, yaitu partikel-partikel penyusun materi seperti atom, molekul, senyawa, serta berbagai reaksi yang melibatkan materi, perubahan yang menyertainya, dan perhitungannya secara kimia.

Di sisi lain, untuk memahami kimia dengan baik dan benar, peserta didik  perlu mengoptimalkan seluruh indra dan pikirannya dengan membangun kebiasaan kritis melihat fenomena-fenomena alam dan bahan-bahan kimia yang sebenarnya ada dalam dirinya dan di lingkungan sekitar, baik di rumah maupun di sekolah.

Dengan demikian RPP mata pelajaran Kimia harus dirancang sedemikian rupa sehingga bisa disajikan sesuai dengan tuntutan Kurikulum dan kebutuhan jaman. Dalam RPP Kimia Kelas X SMA/MA K 13 revisi 2017 ini meliputi aktivitas mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengomunikasikan materi-materi pokok, seperti materi Struktur Atom, Sistem Periodik Unsur, Ikatan Kimia, Reaksi Reduksi Oksidasi, Rumus Kimia dan Tata Nama Senyawa, dan seterusnya, yang telah dipelajari peserta didik. Rangkaian kegiatan pembelajaran tersebut dikembangkan untuk menggali karakter-karakter yang dapat dimunculkan dari materi-materi pembelajaran yang dipelajari.

Pada ahirnya, peserta didik dikharapkan, setelah mempelajari kimia, memiliki pemahaman dan sikap-sikap hidupnya yang semakin matang, tahu akan tujuan hidupnya, bijak menghadapi segala persoalan, dan dapat menemukan solusi yang benar terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi, objektif, disiplin, tanggungjawab, jujur, dan kreatif.

Dibawah ini saya sajikan contoh RPP Kimia K 13 Revisi 2017 SMA/MA Kelas X yang sudah diintegrasikan denga Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi, 4 C, dan HOTs. Dan bagi guru Kimia yang membutuhkan contoh model RPP tersebut saya persilahkan untuk  mendownloadnya.

0 Response to "RPP Kimia SMA/MA Kelas X K 13 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel