-->

RPP Biologi SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 Revisisi 2017



Kurikulum 2013 menggunakan model pembelajaran langsung, direct instructional, dan tidak langsung, indirect instructional. Pembelajaran langsung adalah pembelajaran yang mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir, dan keterampilan menggunakan pengetahuan peserta didik melalui interaksi langsung dengan sumber belajar. Sementara itu pembelajaran tidak langsung adalah pembelajaran yang terjadi selama proses pembelajaran langsung yang dikondisikan menghasilkan dampak pengiring, nurturant effect.

Pembelajarn pada K 13 ini, baik secara langsung maupun tidak langsung menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan berbasis proses keilmuan. Pendekatan saintifik dapat menggunakan beberapa strategi seperti pembelajaran kontekstual. Dalam pembelajaran kontekstual, siswa dibawa ke situasi dunia nyata atau dibawa ke pengalaman hidup yang dialami sehari-hari.

Oleh karena itu, seturut dengan model pembelajaran langsung dan atau tidak langsung dalam pembelajaran Biologi, maka  RPP Biologi, dalam hal ini RPP Biologi Kelas X SMA/MA, dalam model dan langkah pembelajaran adalah disajikan bagaimana peserta didik  melakukan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Sementara itu, dalam proses pembelajaran kontekstualnya, sesuai dengan pendekatan saintifik, adalah seperti discovery learning, project based learning, problem based learning, dan inquiry learning.

Sederhananya, dalam Kurikulum 2013, RPP yang disusun memuat model dan langkah penguatan terhadap Pendidikan Karaktek atau dikenal dengan akronim PPK. Selain itu juga harus diintegrasikan dengan kemampuan abad 21, Literasi, 4 C, dan HOTs.

Dibawah ini saya ketengahkan contoh RPP Biologi Kelas X SMA/MA sesuai dengan tuntutan K13 revisi 2017. Bagi guru yang membutuhkan contoh saya persilahkan untuk mendownloadnya. 

0 Response to "RPP Biologi SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 Revisisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel