-->

RPP Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas X SMA/MA K 13 Revisi 2017


Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) merupakan mata pelajaran yang mempunyai misi sebagai Pendidikan nilai dan moral Pancasila, penyadaran akan norma dan konstitusi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, pengembangan komitmen terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan penghayatan terhadaap filosofi Bhineka Tunggal Ika.

Dan karena itu, RPP Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan merupakan bagian dari instrument pembelajaran disusun guna membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air yang di jiwai oleh nilai-nilai Pancasila, Undang Undang Dasara Negara Republik Indonesia Tahun 1945, semangat Bhineka Tunggal Ika, dan komitmen Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di samping hal tersebut,RPP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPkn) di SMA/SMK/MA/MAK adalah upaya mengembangkan kualitas warga negara secara dalam berbagai aspek kehidupan, khususnya pengembangan peserta didik agar mampu:
1. Berpikir secara rasional, kritis, kreatif, dan etis serta memiliki semangat kebangsaan serta cinta tanah air yang di jiwai oleh nilai-nilai Pancasila, Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, semangat Bhinneka Tunggal Ika dan Komitmen Negara Kesatuan Republik indonesi.

2. Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab sebagai anggota masyarakat yang independent, sesuai dengan harkat dan martabatnya sebaga makkhluk ciptaan Tuhan Yanag Masa Esa 

3. Berkomitmen dan proaktif dalam berinteraksi dengan bangsa bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sesuai karakter bangsa Indonesia. 

4. Berkembang secara posotif damn demokratis dalam mengembagkan konstitusi yang sehat dan dinamis serta memiliki keyakinan, kmauan, kesetiaan, dan kebnggaan serta keteguhan sebagai bangsa Indonesia.

Di bawah ini saya lampirkan contoh RPP PPKn Kelas X SMA K 13 revisi 2017 yang kiranya bermanffat khususnya bagi guru yang mengajar PPKn dan umumnya para guru yang mengajar di jenjang SMA, MA, dan SMK yang hendak menyusun RPP PPKn untuk tahun pembelajaran 2018/2019. RPP tersebut sudah terintegrasi dengan PPK, Literasi, C 4, dan HOTs dalam langkah dan model kegiatan pembelajarannya.

0 Response to "RPP Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas X SMA/MA K 13 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel