-->

RPP Bahasa Indonesia Wajib Kls XI K 13 Revisis 2017


Perangkat pembelajaran yang baik dan benar sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh Kurikulum 2013 revisi 2017 didalamnya harus terdapat RPP, Silabus, Prota, Prosem, KKM, Analisis kompetensi dan Teknik Penilaian, Analisis keterkaitan SKL-KI-KD, dan Analisis Alokasi Waktu.

Sementara dari sisi metode dan langkah pembelajarannya harus diintegrasikan dengan kebutuhan abad 21, yaitu adanya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi, 4C, dan HOTs.

Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan pada pengembangan kompetensi berbahasa dan bersastra peserta didik melalui kegiatan mendengarkan (listening), membaca (reading), memirsa (viewing), berbicara (speaking), dan menulis (writing). Pengembangan kompetensi ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi peserta didik untuk berkomunikasi dalam kehidupan bermasyarakat secara cerdas, santun, dan bermartabat melalui penguasaan, pemahaman, dan keterampilan menggunakan teks, baik lisan maupun tulis. Untuk mendukung tujuan tersebut maka pembelajaran kompetensi berbahasa, bukan hanya pada penguasaan tentang Bahasa namun juga pada penggunaan Bahasa secara lisan dan tulis dalam konteks sosial-budaya.

Dalam RPP Bahasa Indonesia Wajib Kelas XI K 13 revisi 2017, pembelajaran kompetensi bersastra, bukan hanya pada kegiatan mengapresiasi, tetapi juga berekspresi dan berkreasi sastra sesuai dengan potensi peserta didik. Selain itu, pada pengembangan kompetensi ini dilengkapi pula dengan aktivitas literasi yang menuntun peserta didik di SMA/MA atau SMK/MAK untuk dapat membaca paling sedikit 18 judul buku, namun bukan buku teks pelajaran.
Dengan demikian, pada saat peserta didik belajar di Kelas XI harus dapat membaca paling beberapa judul buku. Buku-buku yang dimaksud adalah buku-buku pengayaan pengetahuan, pengayaan keterampilan, atau pengayaan kepribadian, baik fiksi (kumpulan puisi, kumpulan cerpen, novel, drama) maupun buku nonfiksi (biografi, otobiografi, buku motivasi, petuah, atau buku panduan beribadah).

Penyajian materi pembelajaran pada buku Bahasa Indonesia ini menggunakan teks dalam konteks sesuai dengan tujuan kegiatan sosial dan fungsi komunikasi. Oleh karena itu, untuk mencapai kompetensi berbahasa dan bersastra yang diharapkan, maka perangkat pembelajaran, RPP Bahasa Indonesia K 13 revisi 2017, mengajak peserta didik  untuk mengikuti tahap belajar secara ilmiah (scientific) atau dengan tahapan pedagogik.

Pembelajaran dimulai dari pemahaman teks yang dipandang memiliki kekhasan cara pengungkapan struktur retorika, isi, dan penggunaan unsur kebahasaan. Selanjutnya, peserta didik diajak untuk melakukan pemodelan dan mendekonstruksi. Aktivitas berikutnya adalah mengkonstruksi teks, baik dengan bantuan teman maupun guru. Namun, pada akhirnya, peserta didik harus dapat mengkonstruksi secara mandiri. Materi dalam RPP Bahasa Indonesia yang akan dipelajari di kelas XI SMA/MA atau SMK/MAK terdiri atas: (1) Laporan Hasil Obsrvasi; (2) Eksposisi; (3) Anekdot; (4) Cerita Rakyat; (5) Negosiasi; (6) Berdebat; (7) Biografi; (8) Puisi. Selain itu, peserta didik diharapkan dapat melaporkan buku yang dibaca secara terprogram.

Di bawah ini saya sertakan contoh RPP Bahasa Indonesia Wajib kelas XI SMA/MA agar kiranya bisa menjadi pembanding bagi guru yang hendak menyusun RPP sebelum memasuki tahun ajaran baru, tahun ajaran 2018/2019. RPP yang saya sertakan dalam tulisan ini sudah sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 versi revisi 2017.

0 Response to "RPP Bahasa Indonesia Wajib Kls XI K 13 Revisis 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel