-->

RPP Bahasa Inggris SMP/MTS Kelas VII K13 Revisi 2017

RPP Bahasa Inggris
Bahasa Inggris adalah Bahasa dunia. Semua orang sudah mengerti bahwa Bahasa Inggris kini merupakan alat atau media untuk berkomunikasi, baik secara lisan dan tulis. Berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan bahasa, yaitu: mendengarkan listening), berbicara (speaking), membaca (reading) dan menulis (writing). Keempat keterampilan inilah yang digunakan untuk menanggapi atau menciptakan wacana dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, dalam pembelajaran Bahasa Inggris, sejatinya diarahkan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut agar lulusan mampu berkomunikasi dan berwacana dalam bahasa Inggris pada tingkat literasi tertentu (Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006). Tingkat literasi tersebut mencakup performative, functional, informational, dan epistemic

Kemampuan berkomunikasi dengan Bahasa Inggris dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan menghasilkan teks lisan dan tulis yang direalisasikan dalam keterampilan reseptif dan keterampilan produktif. Keterampilan reseptif meliputi keterampilan menyimak (listening) dan keterampilan membaca (reading), sedangkan keterampilan produktif meliputi keterampilan berbicara (speaking) dan keterampilan menulis (writing ). Baik keterampilan reseptif maupun keterampilan produktif perlu dikembangkan dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris. Oleh karena itu, mata pelajaran Bahasa Inggris diarahkan untuk mengembangkan keterampilan agar siswa mampu berkomunikasi dan berwacana dalam Bahasa Inggris.

Dengan demikian tugas guru sangatlah tidak ringan, pembelajaran bahasa Inggris pada tingkat basic langkah-langkah pembelajaran bisa diupayakan sebagai berikut:

a. Pastikan guru sudah mempersiapkan seluruh bahan pembelajaran untuk hari tersebut.
b. Pastikan rasa percaya tinggi dan wajah ceria ketika bertemu dengan peserta
didik untuk pertama kalinya.
c. First impression pays everything. Karenanya, akan jauh lebih baik jika sejak
pertemuan pertama, guru memastikan bahwa peserta didik merasa nyaman.
d. Perkenalkan bahasa Inggris kepada peserta didik dari pertama kali pertemuan
dengan ungkapan-ungkapan yang sangat sederhana.
e. Akan jauh lebih baik jika dalam pertemuan pertama English environment sudah
tercipta dengan digunakannya ungkapan-ungkapan sederhana dalam bahasa Inggris.

Namun demikian semuanya kembali kepada guru itu sendiri, dalam memilih pendekatan dan langkah yang cocok dengan kondisi yang ada pada saat itu, saat dimana proses KBM sedang berlangsung. Idealnya guru memiliki rambu-rambu dalam pembelajaran yang akan dilaksanakannya, yakni menyusun RPP diawal tahun pembelajaran. Dan, berikut adalah contoh RPP Bahasa Inggris SMP untuk kelas 7 yang sudah diintegarsikan sebagaimana digariskan dalam K13, yakni kemampuan abad 21, yakni PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Semoga bermanfaat!

0 Response to "RPP Bahasa Inggris SMP/MTS Kelas VII K13 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel