-->

RPP Sejarah Peminatan K13 Revisi 2017 Kelas XI SMA/MA

RPP Sejarah Peminatan

Perangkat pembelajaran mata pelajaran Sejarah peminatan kelas XI untuk SMA/MA, sejatinya dapat mendorong peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Seorang Guru hendaknya mengajak Peserta didik untuk mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan membentuk jejaring. Kegiatan mengamati sangat bermanfaat untuk menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik. Bentuk kegiatan ini antara lain mengamati gambar, mengamati kondidi sekitar, dan mengikuti berita dari media massa. Kegiatan menanya sangat efektif untuk ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Langkah Kegiatan Menalar

Langkah selanjutnya menalar. Kegiatan menalar dapat mendorong peserta didik berpikir logis dan sistematis. Melalui kegiatan ini peserta didik akan berlatih menalar setiap hasil pengamatan atau jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam KBM. Agar memeroleh hasil belajar yang autentik, peserta didik akan diajak mencoba. Kegiatan mencoba dalam kegiatan Sejarah yang tercermin dalam perangkat pembelajaran, misalnya dalam melakukan dengan menguji keterkaitan kehidupan masa lalu dengan kehidupan pada masa kini.

Selanjutnya, peserta didik diajarkan membuat jejaring, misalnya dengan berdiskusi atau berbagi informasi. Dalam perangkat pembelajaran sejarah untuk SMA/MA kelas sebelas ini, cara belajar ini ditampilkan atau diimplemtasikan dalam RPP. Dalam dunia pendidikan, sebagai mana yang dinarasikan barusan, perangkat pembelajaran dintegrasikan dengan PPK, Literasi, 4C, dan HOTs. 

Kita menyadari fakta-fakta baru dalam sejarah terus ditemukan. Oleh karena itu, kita hendaknya mencari informasi yang relevan dari berbagai pihak agar dalam pembelajaran sejarah menjadi lebih utuh dan memperkaya guru dan peserta didik dalam KBM.

Dibawah ini saya tampilkan contoh RPP Sejarah peminatan K13 revisi 2017 kelas XI SMA/MA dengan harapan bapak ibu guru bisa menjadikannya sebagai bahan pembanding. Untuk kelengkapan perangkat pembelajarannya versi kami sebagaimana tertera dalam gambar di atas 

0 Response to "RPP Sejarah Peminatan K13 Revisi 2017 Kelas XI SMA/MA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel