-->

RPP Fikih Kelas XII Madrasah Aliyah K13 Revisi 2017

https://rppnusantara.blogspot.co.id/


Perangkat Pembelajaran (RPP) yang K13 revisi 2017 mensyaratkan adanya konektivitas dengan apa yang dikehendaki oleh kebutuhan abad 21. Untuk menjawab tantangan tersebut, maka dalam Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM), seorang guru harus mampu merancang pembelajaran dengan mengintegrasikannya dengan Pengembangan Penguatan Karakter (PPK), Literasi, Tantangan abad 21 atau 4C, dan HOTs.


Untuk menyusun RPP yang benar Anda dapat mempelajari hakikat, prinsip dan langkah-langkah penyusunan RPP seperti yang salah satunya tertera pada Permendiknas tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah - Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran nomor 103 Tahun 2014. Namun peraturan ini diperbaharui dengan keluarnya Permendikbud No 23 tentang standar penilaian dan panduan penilaian terbaru.


Perbaikan selanjutnya adalah dalam mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.


Selain PPK pada pembelajaran perlu juga diintegrasikan literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); dan HOTS (Higher Order Thinking Skill).


Berikut adalah RPP Mata Pelajraran Fikh kelas XII Madrasah Aliyah berdasarkan kurikulum 2013 revisi 2017.

3 Responses to "RPP Fikih Kelas XII Madrasah Aliyah K13 Revisi 2017"

  1. Terima kasih atas postingannya, sangat bermanfaat. Ada KD/Materi lanjutannya? (Jihad, Kaedah Ushul Fiqh,dst..)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia pak Abu sama-sama. Ada pak dalam versi lengkapnya

      Hapus
  2. Ada versi lngkap kelas x xi dan xii ustdaz

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel